Minggu, 26 Agustus 2012

CARAMENENTUKANKEDUDUKANSISWA DALAMKELOMPOK



A. Pengertian

Yang dimaksud dengan siswa dalam kelompok adalah letak seseorang siswa di dalam urutan tingkat.Dalam istilah yang umum,disebut rangking. Untuk dapat diketahui rangking dari siswa-siswa di suatu kelas maka harus diadakan pengurutan nilai-nilai siswa tersebut dari yang paling atas sampai ke nilai yang paling bawah. Dengan mengurutkan nilai-nilai maka dengan mudah dapat ditentukan nomor yang menunjukkan kedudukan siswa dalam tingkatannya.

B. Cara-cara Menentukan Kedudukan Siswa.

Ada 4 macam cara untuk menentukan ranking atau kedudukan siswa dalamkelompoknya :
1. Dengan ranking sederhana (Simplerank)

2. Dengan ranking persentase (percentilerank)

3. Dengan standar deviasi

4. Dengan menggunakan Z-Score


Imigran Membawa berkah



Nama                           : Muhammad Iqbal
No Reg                        : 2715100105
Fakultas/Jurusan          : FBS/Bahasa Arab

Jakarta adalah kota utama di Indonesia sebagai ibu kota Negara Republik Indonesia. Hasil survey Badan Pusat Statistik DKI Jakarta tahun 2010, Kota ini telah dihuni oleh 9.588.198 jiwa. Melonjaknya populasi di Jakarta karena Jakarta sebagai pusat segalanya, pusat  pemerintahan, pusat industri dan perekonomian, pusat hiburan, dan pusat perkantoran. Sebagai pusat kegiatan, Jakarta memiliki komposisi etnis yang sangat hereogen, mulai dari etnis pribumi hingga manca  negara. Etnis Betawi, Jawa, Sunda, Minang, Ambon, Bali, Melayu, Thionghoa, Afrika, Arab, dan sebagainya. Fakta ini sebagai bukti dari cerminan pancasila sila ke-3 yang berbunyi, " Persatuan Indonesia ". Hal ini karena semua etnis hidup dalam satu lingkungan yang sama dengan damai tanpa ada permusuhan antar etnis.
Melihat fakta diatas akan sangat sulit sekali melihat dinding pemisah antar entnis di ibu kota DKI Jakarta ini. Karena sekitar 70 persen penduduk tinggal di pemukiman kumuh, selebihnya di pemukiman elit. Justru di tiap pemukiman tercermin kehidupan multi etnis. Jauh berbeda pada zaman kolonial Belanda terdapat pemisahan pemukiman berdasarkan etnis, kampung Melayu hanya dihuni orang-orang melayu, dan sebagainya. Namun sekarang hal ini sudah tidak tampak, sehingga pertukaran budaya antar etnis tersebut sangat cepat, sehingga nantinya akan menghasilkan suatu kebudayan baru. Selain akulturasi dan asimilasi budaya, terjadi pula campur dan alih kode bahasa antar etnis. campur kode dan alih kode ini juga terjadi pada dialeh tau logat yang terjdai oleh masing-masing etnis. Logat bahasa daerah masing-masing atau bahasa ibu ini telah hilang, bahkan berubah menjadi dialek Betawi asli. Inilah yang menjadikan kita kaya akan bahasa nusantara dan sumber kajian linguistik. Tidak hanya memahami bahasa daerah sendiri, melainkan memahami bahasa daerah lain dan bahasa asing.

Aqidah Salaf



"Aqidah Salaf - Aqidah yang sesuai tuntunan Rasulullah SAW"

Rasulullah SAW telah menegaskan panduan-panduan Aqidah Islam yang lurus dan sempurna, tidak perlu dikurangi ataupun ditambahkan.

Namun, berbagai penyimpangan Aqidah sangat mudah kita temui di masyarakat. penyimpangan Aqidah ini menjadi sumbu bagi penyimpangan-penyimpangan lainnya dari mulai ibadah hingga akhlaq.

pemahaman Aqidah yang benar menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Buku ini mengupas tuntas tuntuan Aqidah sesuai tuntuan yang telah digariskan Rasulullah SAW.

mengumpulkan berbagai Tafsir, Hadist, Atsar sahabat yang memang telah teruji keshohihannya, buku ini menjadi bahan yang sangat cocok bagi pemahaman Aqidah yang menyeluruh.

Wallahu A'lam

Judul Buku: Aqidah Salaf - Aqidah yang sesuai tuntunan Rasul SAW
Price : IDR 45.000
Free Ongkir untuk Jabodetabek
Order, Text or SMS : 085692637528
Penerbit: Nurul Qur'an Publishing
 

Minggu, 08 Juli 2012

SEJARAH DAN ALIRAN LINGUISTIK




Pada mulanya studi linguistik hanya ada tiga tahap perkembangan, yaitu tahap spekulasi, tahap obeservasi dan klasifikasi, dan tahap perumusan teori. Pada tahap spekulasi para ahli linguistic hanya pada rekaan dari mitos-mitos dongen saja tanpa ada data empiris. Pada tahap obeservasi dan klasifikasi para ahli mulai melakukan pengamatan dan mengelompokkan terhadap bahasa yang diamati. Sedangkan pada tahap perumusan teori para ahli mulai membuat teori berdasarkan data yang telah diamati dan dikelompokkan.
LINGUISTIK TRADISIONAL
Perkembangan ilmu linguistic ini berawal dari masa Yunani hingga pada sekitar akhir abad ke-19

A.    ZAMAN YUNANI
Zaman Yunani ini mempunyai masa yang sangat panjang kurang lebih 600 tahun. Masalah pokok yang dipertentangkan oleh para ahli linguistic yaitu pertentangan antara fisis (bersifat alami) dan nomos (bersifat konvensi), dan pertentangan antara analogi dan anomali. Bahasa bersifat fisis maksudnya yaitu bahasa mempunyai hubungan asal-usul, sumber prinsip-prinsip abadi dan tidak dapat digantikan di luar manusia itu. Kelompok yang mendukung yaitu kelompok naturalis yang berpendapat setiap kata yang diucapkan mempunyai hubungan benda yang ditunjuk.sedangkan bahasa bersifat nomos yaitu makna bahasa bersal dari tradisi atau kebiasaan.

INTERFERENSI BAHASA IBU TERHADAP BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA ARAB REGULER A ANGKATAN 2010


BAB I
PENDAHULUAN
Istilah interferensi tidak akan lepas dari integrasi, karena merupakan dua topik dalam pembahasan sosiolonguistik sebagai akibat dari pemakaian dua bahasa atau lebih yang berbeda didalam masyarakat multilingual. Pemakaian dua bahasa atau lebih maka akan ada campur kode ataupun alih kode dalam penggunaan bahasa dalam berinteraksi dengan kelompok lain. Dalam interferensi terdapat kesalahan struktur dari kaidah bahasa yang digunakan dengan kaidah bahasa lain. Tingkat kesalahan dalam penggunaan dua bahasa atau lebih dalam satu percakapan adalah sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa pada masyarakat tutur tersebut. Semakin baik penggunaan bahasa keduam, semakin sedikit tingkat kesalahannya, karena digunakan sesuai dengan kondisi dan sutuasi. Sedangkan penguasaan bahasa kedua oleh masyarakat tutur kurang baik, maka akan semakin banyak kesalahan kaidah dalam bahasa yang digunakan.
Mahasiswa yang memilih jurusan bahasa dan sastra Arab tentunya menguasai bahasa Arab sebagai bahasa keduanya (B2). Tentunya seluruh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Arab menguasai bahasa Arab sebagai B2nya, tapi dengan tingkat kemampua yang berbeda-beda. Ada yang B1 dengan B2 sama mahirnya, ada pula yang B2 kurang mahir, sehingga penggunaan B1 lebih dominan disbanding B2.
Penulisan makalah ini untuk mengetahui interferensi B1 terhadap B2 dalam interaksi di kelas. Sample yang saya gunakan yaitu mahasiswa regular A angkatan 2010

Rabu, 13 Juni 2012

المقالة العلمية

باب الأول
المقدمة
1.1   الخافية البحث
التوحيد هو الركيزة الأساسية للأمة الإسلامية في كل عمل العبادة. العبادة هي وسيلة التقرب إلى الله سبحانه وتعالى. التوحيد هو أهم للحصول للرضاة الله وهو وصيلة أن يقبل أو يترك عمل العباد خادمة.
بلاد الإندونيسيا هو الدولة التي عدد أكثر المجتمع في العالم و انتشر الإسلام من سابنج إلى ميروكي. ويتأثر دين الإسلام في إندونيسيا من التقاليد والطقوس من مختلفات ديانات.لأنه قبل دخول الإسلام إلى الإندونيسيا، الدين هندو والبوذي أول يدخولون إلى اندونيسيا. منذ فترة طويلة الهندوسية والبوذية التي تبناها الثقافة الاندونيسية. في جزيرة جاوى أكثر الثقافةها اليسكنون في جميع الجزر الإندونيسيا العامة وجميع الجزر الجوي الخاص من المشاكل المذكورة أعلاه أن الدين الإسلامي تلقائيا في جزيرة جاوة في طقوس دينية معينة تتأثر الهندوسية والبوذية الطقوس الدينية.
أفهم العقيدة الصحيحة ، ثم إننا لن تغرق في أخطاء العادي بسبب اختلاط الطقوس الدينية التي يجب أن تكون خالية من أفعال الطقوس الدينية الأخرى. إذاً  أنَّ العبادة وفقا لتوجيهات النبي محمد صلى الله عليه وسلم.

Senin, 11 Juni 2012

Kemukjizatan Al-Quran


I.                  PENDAHULUAN

Al-Qur`an sebagai kitab samawi terakhir yang diberikan kepada Muhammad SAW sebagai penuntun dalam rangka pembinaan umatnya sangatlah fenomenal. Lantaran di dalamnya sarat nilai-nilai yang unik, pelik dan rumit sekaligus luar biasa. Hal ini lebih disebabkan karena eksistensinya yang tidak hanya sebagai ajaran keagamaan saja, melainkan ajaran kehidupan yang mencakup total tata nilai semenjak hulu peradaban umat manusia hingga hilirnya.
Diantara nilai-nilai tersebut adalah pada aspek kebahasaannya, isyarat-isyarat ilmiyah dan muatan hukum yang terkandung didalamnya. Saking pelik, unik, rumit dan keluar biasanya tak pelak ia menjadi objek kajian dari berbagai macam sudutnya, yang darinya melahirkan ketakkjuban bagi yang beriman dan cercaan bagi yang ingkar.

Jumat, 18 Mei 2012

TES OBJEKTIF DAN URAIAN PELAJARAN BAHASA ARAB


PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pembelajaran merupakan proses yang tertata mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.seluruh tahap itu harus dilakukan oleh seorang pengajar. Karena pengajar atau guru merupakan pelaku (subjek) dalam pembelajaran dan siswa sebagai objek, maka seorang guru harus yang melaksanakan proses tersebut. Dan sudah menjadi barang tentu, proses tersebut harus melibatkan siswa secara aktif
Terlebih pada tahap evaluasi, tahap ini sangatlah diperlukan. Setelah seorang guru melakukan perencanaan, dan melaksanakannya, untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kepahaman siswa pada suatu materi harus diuji dengan cara evaluasi. Salah satu bentuk evaluasi adalah tes.
Dengan tes ini seorang guru dapat mengetahui tingkat kepahaman siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan dan keefektifan guru dalam mengajarkan suatu materi.
Bentuk tes dalam pelajaran bahasa dapat dibuat dua macam yakni objektif dan uraian. Maka dari itu penyusun makalah akan berusaha menjelaskan keduanya.
I.2 Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini dimaksudkan agar memberi kepahaman kepada calon guru tentang dua bentuk tes dalam pengajaran bahasa yang semoga dapat diterapkan dikemudian hari.


Perencanaan Pembuatan Tes Bahasa


PENDAHULUAN
1.1  . LATAR BELAKANG
            Melihat fenomena yang kebanyakan terjadi, bahwasannya murid atau pelajar yang mempelajari bahasa asing dalam hal ini bahasa arab sangat sulit untuk bisa memahami dengan betul makna dan tujuan bahasa tersebut, sehingga mereka semua tidak bisa menerapkan hasil pembelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Memang tidak bisa dipungkiri belajar bahasa arab merupakan suatu kesulitan tersendiri, tidak lain karena kita dihadapkan dengan adanya bahasa ibu yang sudah dipergunakan sejak lahir, setiap hari dan setiap saat. Untuk bisa memahami bahasa arab perlu tahapan-tahapan yang prosesnya sangat lama dan dalam tahapan tersebut membutuhkan proses pendidikan yang continue sekaligus terarah. Tahapan tersebut antara lain adalah tahap pengenalan, pendengaran, pengucapan, dan pembiasaan. Masalah yang lain adalah bahasa arab itu berbeda dengan bahasa ibu yakni dalam hal segi-segi suara, kosakata, tata kalimat dan tulisan, sehingga si pembelajar harus bejuang untuk memahami perbedaan tersebut dengan detail.

Minggu, 22 April 2012


BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Guru bukan lagi dipandang sebagai seuatu pekerjaan, melainkan suatu profesi. Guru sebagai profesi menuntut adanya suatu undang-undang profesi keguruan. Undang-undang tersebut diatur dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005.
Guru sebagai suatu profesi tentu saja memiliki suatu kode etik yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Selain kode etik, guru memiliki pula kompetensi yang harus dikuasainya. Sehingga profesi guru ini bukanlah suatu profesi yang asal-asalan. Asal mengajar, asal mendidik, asal memberikan materi dan lain-lain. Guru yang professional memiliki pendidikan dan keahlian khusus dibidang kependidikan, sehingga tidak sembarangan orang mampu mengemban profesi keguruan
1.2 Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui pengertian guru profesional
2.      Mengetahui kode etik guru
3.      Mengetahui kompetensi yang harus dikuasai seorang guru progfesional

Selasa, 10 April 2012

الشعر


عادلة لانك
الشاعر : نوغراها

أنا تغمض عينيك
أنا مواجهة المستقبل
أنا نفسي سلة
في نجاح
في القتال حرق روح
جميلة السلام
بلدي

أفتح عيني
بل الحقيقي
غيوم الدم
هيئة يتمرغون
أنقاض المنازل في
هل أنت من العدل لنا؟
هذه هي المحاكمة أو إهانة؟

حاولت الحصول حتى مع عدم وجود
وطريقة الربط
أنا رفع اليد السوداء
أنا وأنا الهواتف إزميل اسمه
ببطء ولكن بثبات
ارتفاع من تدمير بلدي



E-Learning


1.        Pendekatan E-learning

E-learning menjadi salah satu media pembelajaran yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Disaat zaman telah berkembang, teknologi sudah semakin maju, dimana tidak ada lagi sekat dan celah antara ruang dan waktu. Dahulu, interaksi antara pendidik dan peserta didik hanya bisa dilakukan dua arah, dengan cara bertatap muka langsung. Hal ini pastinya dibatasi ruang dan waktu.
Namun sekarang belajar sudah semakin mudah, dengan pembelajaran berdasarkan pendekatan e-learning. Sebuah pendekatan pembelajaran berbasis elektronik. Dimana tidak perlu lagi adanya tatap muka antara pendidik dengan peserta didik.

Senin, 26 Maret 2012

Media Pembelajaran


PENDAHULUAN


            Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. Dalam hal ini Heinich, Molenda, & Russel (1996: 228) mengemukakan bahwa : “…It has ability to control and integrate a wide variety of media – still pictures, graphics and moving images, as well as printed information. The computer can also record, analyze, and react to student responses that are typed on a keyboard or selected with a mouse“.
            Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar multi media yang memungkinkan peserta didik membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi pembelajaran yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.
            Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Misalnya, penggunaan simulator kokpit pesawat terbang yang memungkinkan peserta didik dalam akademi penerbangan dapat berlatih tanpa menghadapi risiko jatuh. Contoh lain dari penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan eksakta, biologi, kimia, dan fisika melakukan percobaan tanpa harus berada di laboratorium.
            Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia).
Salah satu bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah multimedia presentasi. Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik. Hal ini didukung oleh teknologi perangkat keras yang berkembang  cukup lama, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kegiatan presentasi. Saat ini teknologi pada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan oleh Microsoft incCorel presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan Macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Minggu, 04 Maret 2012

الإمتحان الأول


استخرج الضمائر والأفعال الماضية والاسماء في هذا النص!
       ذَهَبَ عُثْمَانُ إِلَى السُّوْقِ مَعَ أُمِهِ بِالجَوَّالَةِ. اِشْتَرَتْ أُمُّهُ البَيْضَ وَالدَّجَّاجَةَ وَالْخَضْرَوَاتِ وَاللَّحْمَ. اِشْتَرَتْهَا أُمُّهُ كَثِيْرًا لِيَأْكُلُوْا شَهْرًا. هُمَا رَجَعَا إِلَى اْلبَيْتِ بِالْجَوَّالَةِ أَيْضًا وَحَمَلاَهَا, زَائِدُهَا خَمْسَةَ كِيْلُوْغْرَام. جَاءَ عُثْمَانُ وَأُمُّهُ السَّاعَةُ السَّابِعَةِ صَبَاحًا
        عُثْمَانُ وَ أُسْرَتُهُ تَنَاوَلُوْا الإِفْطَارِ جَمَاعَة. طَبَخَ عُثْمَانُ كُلَّ هَذَا الطَّعَامَ وَالطَّعَامُهُ لَذِيْذٌ جِدًّا.  بَعْدَ تَنَاوَلَ عُثْمَانُ, ذَهَبَ إِلَى بَيْتِ أَصْدِقَائِهِ لِيَدْرُسَ وَاجِبَ المَنْزِلِ. الوَاجِبُ المَنْزِلِ هُمْ الجُغْرَفِيَا وَالعُلُوْمُ العِلْمِيَّةِ وَالعِلْمُ القُرْآنِ عِنْدَهُ.
        رَجَعَ عُثْمَانُ إِلىَ البَيْتِ السَّاعَةُ الرَّابِعَةِ مَسَاءً مَاشِياً

Sabtu, 03 Maret 2012

bisnis online


temen2 C~A~L sekalian,,
mau ngasih tau nihh.....

Buat kamu yg sering duduk depan komputer sambil OL, daripada kamu bosen buka Facebook dan Twitter terus, mendingan join disini. Gratis sepanjang masa, gak bayar malah dibayar .
sebuah program yg dinamain WAZZ UB, Sebuah sistem yang memberikan profit sharing phenomenom atau fenomena sharing keuntungan, program ini benar benar gratis dan membayar membernya hanya dengan join saja. Pogram ini baru pre-launch 2 January 2012, dan akan launching pada 09 April 2012.

Perusahaan ini adalah Perusahaan Baru. untuk menandingi GOOGLE maupun FACEBOOK , nanti akan launching 9 April 2012 ini , sebelum Louncing tentu dia butuh member sebanyak mungkin. Remember, Kita di bayar hanya untuk join dan menyebarkan link.

Kita cuma perlu "menyebarkan berita" ini dan sebar luaskan secepat kita bisa.
Semakin banyak orang yang mendaftar (gratis) di bawah anda, semakin banyak penghasilan kita

Contoh: Jika Anda mengundang hanya 5 orang untuk bergabung
secara gratis, dan mereka mengundang 5 orang lagi, Anda bisa mendapatkan sekitar $ 4.000 setiap bulan.

perhitungan-nya seperti ini:
1 orang dibawah kita di hitung $1
1st. Generation 5 x $1.00 = $5.00
2nd. Generation 25 x $1.00 = $25.00
3rd. Generation 125 x $1.00 = $125.00
4th. Generation 625 x $1.00 = $625.00
5th. Generation 3125 x $1.00 = $3125.00
pendapatan pasif kita bisa = $3905.00 /bulan
Tanpa melakukan apapun juga selain menyebarkan link dibawah ini.
JADI INTINYA, KITA HANYA MENGUNDANG 5 ORANG SAJA LHO.. ABIS ITU KITA DUDUK MANIS DEH TUNGGU DUIT NGALIR... :D

Minggu, 19 Februari 2012

ASSURE Model (Systematic Planning for Media Use)


oleh Ahmad Basregy Abu Cephas pada 9 Agustus 2011 pukul 8:37 ·
Teknologi dan media yang kita digunakan dalam pembelajaran akan menjadi efektif apabila ada “klik” atau pas antara karakteristik pembelajarnya (audiens) dengan metode, media, dan bahan yang digunakan.
Untuk mewujudkan hal tersebut di atas perlu adanya perencanaan yang efektif.  Perencanaan yang efektif harus dimulai dengan perencanaan sistematik. Salah satu model yang ditawarkan sebagai langkah-langkah dalam proses perencanaannya adalah model ASSURE. Dengan model ini diharapkan kita dapat memilih jenis media yang tepat dalam proses pembelajaran (walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada konteks yang lain, contoh : seminar, penyuluhan, dll).

Kamis, 09 Februari 2012

the arrival


Selasa, 10 Januari 2012

PENANAMAN SUGESTI POSITIF PADA POLA PIKIR ANAK MELALUI PIKIRAN BAWAH SADAR

OLEH : M. FADLI FAUZIE
ABSTRAK
Sugesti merupakan bagian dari hipnotis. Hipnotis dikalangan masyarakat masih merupakan hal yang  menakutkan dan bagian dari ilmu hitam. Pikiran bawah sadar lebih bersifat netral dan sugestif. Pikiran bawah sadar dapat diasumsikan sebagai memori jangka panjang manusia yang menyimpan berbagai keadaan, peristiwa yang berdasarkan pengalaman diri ataupun orang lain. Menanggulanginya dengan memprogram ulang pikiran bawah sadar dengan sugesti positif. Penulisan makalah ini dengan studi pustaka.
Kata kunci : hipnotis, sugesti negatif, sugesti positif.

1.      PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa semua manusia dilahirkan dengan otak yang sama, artinya kita semua memiliki otak yang sama. Dari pernyataan diatas timbul pertanyaan, apakah ada anak yang malas dan bodoh jika manusia diberikan otak yang sama ?
Padahal semua itu disebabkan oleh kesalahan sugesti yang secara tidak sadar diberikan oleh orang tua untuk anak. Seringkali orang tua tidak menyadari bahwa ucapannya dapat membentuk perilaku dan sifat anak, apakah anak itu akan menjadi rajin dan pandai ataupun menjadi malas dan bodoh. Ucapan – ucapan tersebut tertanam dan tertancap di dalam pikiran bawah sadar anak melalui sebuah sugesti. Secara teknis, pikiran bawah sadar diartikan sebagai kondisi otak kita ketika berada pada gelombang alpha dan theta. Sifatnya sangatlah ilmiah, terukur dan tidak ada hubungannya dengan mantra. Di dalam kehidupan sehari – hari pikiran bawah sadar berperan sangat besar, yakni 88 % jauh lebih besar dari pikiran sadar yang hanya 12 %.Isi pikiran bawah sadar mencakup kebiasaaan, emosi, memori, kepribadian, instuisi, kreatifitas, persepsi, kepercayaan, dan nilai.
Sugesti yang baik adalah sugesti yang mampu merubah perilaku anak menjadi lebih baik dan positif. Sudah sepatutnya sebagai orang tua harus pandai memilah dan memilih bahasa yang keluar dari ucapan sebagai bentuk sugesti bagi anak. Sebab sorang anak tidak hanya dapat mencerna sugesti positif, tetapi juga dapat menerima sugesti negatif dari apa yang didengarnya, karena pikiran bawah sadar tidak dapat membedakan kalimat positif dan negatif, tidak mengenal benar dan salah, dan tidak mengenal semu dan nyata.

Connector


Oleh            : Mochamad Fadli Fauzie

The Spirit of the Sea
Six "vaka moana" canoes arrived in San Francisco this morning after1 sailing across the Pacific from New Zealand to the Hawaiian Islands and2 to mainland U.S. In spite of3 the 15,00 mile ocean journey, the canoes arrived safely.
They are participating in the voyage "Te Mana o Te Moana" which translates to "The Spirit of the Sea".This voyage was made because4 they wanted to raise awareness about the state of the ocean and to share the wisdom of the Polynesian ancestors who loved and respected the sea. "We are all in one canoe," they said. 
The canoes, each about 70 feet long, carry a crew of 16 sailors from not only Tonga but also5 the Cook Islands, Kiribati and Vanuatu.  More than 150 crew members are participating in the voyage, which began in April in Auckland, New Zealand.
Though6 the canoes were built as the traditional vaka moana canoes used by the Pacific Islander ancestors, these have some modern changes. While7 the hulls (canoe bottoms) used to be made of wood, these are made of fiberglass. Moreover8, they have solar panels to power equipment onboard.
Whereas9 the ancient Polynesians navigated by the stars, these modern sailors have Internet, Facebook and Twitter as well.  They even have a website on which you can track their progress.
The six-canoe flotilla came in through the Golden Gate a week ago and were surprised because of10 the stiff winds and fog in the bay.  Fortunately, the fog lifted and the winds calmed down so that11 the sailors could hold an open house and give rides to visitors.
"The Pacific is our home, our breath, our future. We can only survive if we come together as cultures, as crew-mates, to preserve the health of our ocean planet – Our Blue Canoe."
The flotilla will continue to Monterey, Los Angeles, and San Diego. In January of  2012, the journey will continue to the Galapagos Islands, Marquesas and Tahiti.