Minggu, 02 Oktober 2011

Teori Belajar


Buku                                      : 1. Teori-Teori Belajar
                                                2. Teori Belajar untuk Pengajaran
                                                3. Teori Belajar dan Pembelajaran
Pengarang                          : 1. Ratna Wilis Dahar
                                                2. Nana Sudjana
                                                3. Drs. Eveline Siregar M.Pd dan Hartini Nara M.Si



Belajar

Belajar merupakan suatu kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat beberapa aspek, yaitu  : ilmu pengetahuan bertambah, mengingat dan mereproduksi, penerapan pengetahuan, menyimpulkan makna, mengaitkan dengan realitas, dan yang paling penting adanya perubahan. Belajar memiliki ciri-ciri, yaitu : adanya perubahan tingkah laku baik kognitif, psikomotor, maupun afektif, hasil perubahan menetap, perubahan terjadi dengan usaha.
Ada beberapa alasan manusia ingin belajar, yaitu : ada rasa ingin tahu, ingin menguasai iptek, kebutuhan yang harus dipenuhi, menambah wawasan, bersosialisasi dan beradaptasi, mengembangkan potensi diri, mencapai cita-cita, dan mengisi waktu luang

Jenis Belajar

Ada beberapa jenis belajar menurut para ahli. Menurut Gagne yaitu : Belajar isyarat, belajar stimulus-respon, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, belajar memecahkan masalah
Belajar menurut Bloom . beliau dikenal sebagai pencetus konsep taksonomi belajar adalah pengelompokan tujuan belajar berdasarkan domain/kawasan belajar,  yaitu : kawasan kognitif, kawasan afektif, dan kawasan psikomotor.

Pengertian dan ciri-ciri  pembelajaran

Pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan dan mendukung serta mempertahankan proses internal yang terdapat didalam peristiwa belajar. Ciri-ciri pemebelajaran : upaya sadar dan disengaja, harus membuat siswa belajar mandiri, adanya tujuan dalam proses pelaksanaan, pelaksanaan terkendali baik isi, waktu, proses, maupun hasilnya

NO
PENGAJARAN
PEMBELAJARAN
1


2


3


4
Dilaksanakan oleh guru


Bertujuan menyampaikan informasi kepada murid

Merupakan slaah satu penerapan strategi pembelajaran

Kegiatan belajar berlangsung saat ada guru
Dilaksanakan oleh mereka yang dapat membuat siswa belajar

Tujuannya agar terjadi belajar

Cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisir untuk keperluan belajar

Kegiatan belajar dapat berlangsung walaupun tidak ada guru

Teori belajar pada abad 20 :

A.      Teori perilaku yang meliputi stimulus-respons yang berpandangan bahwa belajar merupakan suatu perubahan perilaku yang dapat diamati, yang terjadi melalui terkaitnya stimulus-stimulus dan respon-respon
B.      Teori Gestalt-field  yaitu bahwa anak dipandang sebagai suatu keseluruhan, yakni suatu organisme yang dinamis, yang senantiasa dalam keadaan berintekrasi dengan dunia sekitarnya untuk mencapai tujuan-tujuannya. Interaksi di sini dimaksudkan bahwa anak selalu menerima stimulus (respon ) dari luar dirinya. Stimulus tersebut tidak diterimanya begitu saja, melainkan ia melakukan seleksi sesuai dengan tujuannya, setelah itu mereka bereaksi terhadap stimulus-stimulus itu dengan cara mengolahnya yang meliputi teori kognitif yaitu menganggap bahwa belajar merupakan suatu proses perolehan atau perubahan  pandangan-pandangan, harapan-harapan, atau pola berfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar