Buku : 1. Teori-Teori Belajar
2. Teori Belajar untuk Pengajaran
3. Teori Belajar dan Pembelajaran
Pengarang : 1. Ratna Wilis Dahar
2. Nana Sudjana
3. Drs. Eveline Siregar M.Pd dan Hartini Nara M.Si
Belajar
Belajar merupakan suatu kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat beberapa aspek, yaitu : ilmu pengetahuan bertambah, mengingat dan mereproduksi, penerapan pengetahuan, menyimpulkan makna, mengaitkan dengan realitas, dan yang paling penting adanya perubahan. Belajar memiliki ciri-ciri, yaitu : adanya perubahan tingkah laku baik kognitif, psikomotor, maupun afektif, hasil perubahan menetap, perubahan terjadi dengan usaha.
Ada beberapa alasan manusia ingin belajar, yaitu : ada rasa ingin tahu, ingin menguasai iptek, kebutuhan yang harus dipenuhi, menambah wawasan, bersosialisasi dan beradaptasi, mengembangkan potensi diri, mencapai cita-cita, dan mengisi waktu luang
Jenis Belajar
Ada beberapa jenis belajar menurut para ahli. Menurut Gagne yaitu : Belajar isyarat, belajar stimulus-respon, belajar merantaikan, belajar asosiasi verbal, belajar membedakan, belajar konsep, belajar dalil, belajar memecahkan masalah
Belajar menurut Bloom . beliau dikenal sebagai pencetus konsep taksonomi belajar adalah pengelompokan tujuan belajar berdasarkan domain/kawasan belajar, yaitu : kawasan kognitif, kawasan afektif, dan kawasan psikomotor.
Pengertian dan ciri-ciri pembelajaran
Pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan dan mendukung serta mempertahankan proses internal yang terdapat didalam peristiwa belajar. Ciri-ciri pemebelajaran : upaya sadar dan disengaja, harus membuat siswa belajar mandiri, adanya tujuan dalam proses pelaksanaan, pelaksanaan terkendali baik isi, waktu, proses, maupun hasilnya
NO | PENGAJARAN | PEMBELAJARAN |
1 2 3 4 | Dilaksanakan oleh guru Bertujuan menyampaikan informasi kepada murid Merupakan slaah satu penerapan strategi pembelajaran Kegiatan belajar berlangsung saat ada guru | Dilaksanakan oleh mereka yang dapat membuat siswa belajar Tujuannya agar terjadi belajar Cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisir untuk keperluan belajar Kegiatan belajar dapat berlangsung walaupun tidak ada guru |
Teori belajar pada abad 20 :
A. Teori perilaku yang meliputi stimulus-respons yang berpandangan bahwa belajar merupakan suatu perubahan perilaku yang dapat diamati, yang terjadi melalui terkaitnya stimulus-stimulus dan respon-respon
B. Teori Gestalt-field yaitu bahwa anak dipandang sebagai suatu keseluruhan, yakni suatu organisme yang dinamis, yang senantiasa dalam keadaan berintekrasi dengan dunia sekitarnya untuk mencapai tujuan-tujuannya. Interaksi di sini dimaksudkan bahwa anak selalu menerima stimulus (respon ) dari luar dirinya. Stimulus tersebut tidak diterimanya begitu saja, melainkan ia melakukan seleksi sesuai dengan tujuannya, setelah itu mereka bereaksi terhadap stimulus-stimulus itu dengan cara mengolahnya yang meliputi teori kognitif yaitu menganggap bahwa belajar merupakan suatu proses perolehan atau perubahan pandangan-pandangan, harapan-harapan, atau pola berfikir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar